Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Diantaranya adalah dengan berpuasa. Manfaat puasa bagi kesehatan ini sangatah banyak dan sudah terbukti secara penelitian medis.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Sebelum dilanjutkan, kami ucapkan selamat datang di website http://jellygamatwalatra.com/. Websitenya seputar kesehatan yang didalamnya menjelaskan berbagai macam informasi tentang dunia kesehatan secara lebih jelas. Dan pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Manfaat puasa bagi kesehatan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Apa Itu Puasa?

Puasa atau saum, secara bahasa adalah menahan. Adapun secara istilah syariat islam adalah ibadah kepada Allah ta’ala yang disertai niat, dengan cara menahan diri dari makan, minum dan seluruh perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa, dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari, yang dilakukan oleh orang yang tertentu dengan syarat-syarat yang tertentu.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Sedangkan dalam ilmu kedokteran dan kesehatan, puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan beserta enzim dan hormon dari kegiatan mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 14-18 jam yang tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Berikut kami rangkum manfaat puasa bagi kesehatan menurut berbagai penelitian medis :

  • Mengurangi Kadar Gula Darah

Selain mengurangi kadar gula darah dengan pegagan, ternyata puasa juga memiliki khasiat yang sama. Selama berpuasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa yang dilakukan agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak pada pankreas, kemudian glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Dengan demikian puasa berarti bisa mengurangi gula darah.

  • Meningkatkan Pembakaran Lemak dan Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Respon pertama oleh tubuh terhadap puasa adalah memecah glukosa. Ketika persediaan glukosa sudah habis, maka ketosis dimulai yaitu memecah lemak untuk melepaskan energi. Lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot juga akan dipecah untuk menghasilkan energi. Lemak yang dibakar pada tubuh dari penyimpanannya akan mempengaruhi penurunan profil lipid tubuh, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat ini serupa dengan yang terdapat pada manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan yang salah satunya sama sama dapat meningkatkan fungsi pembakaran lemak pada tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.

  • Membantu Proses Detoksifikasi

Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

  • Peningkatan Komunikasi Psikososial Baik Dengan Allah Maupun Sesama Manusia

Manfaat puasa bagi kehidupan psikososial memegang peranan penting dalam kesehatan manusia. Dalam bulan puasa terjadi peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia. Hubungan psikologis berupa komunikasi dengan Allah akan meningkat pesat karena saat berpuasa kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Bertambahnya kualitas dan kuantitas ibadah akan juga meningkatkan komunikasi sosial dengan sesama manusia baik keluarga, saudara maupun tetangga. Berbagai peningkatan ibadah secara langsung akan meningkatkan hubungan dengan Pencipta dan sesamanya ini akan membuat jiwa lebih aman, teduh, senang, gembira, puas serta bahagia.

  • Menurunkan Berat Badan

Dengan berpuasa, maka secara otomatis akan membakar lemak pada tubuh yang berakibat pada berkurangnya timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini akan menimbulkan efek penurunan berat badan bagi tubuh.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sama halnya dengan kandungan dan manfaat belut untuk kesehatan yang salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berpuasa juga mendatangkan manfaat yang sama. Hal ini karena terjadi pelepasan racun dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh selama puasa. Kecenderungan orang yang berbuka puasa adalah makanan alami yang segar seperti buah-buahan yang mengandung air, maka hal ini akan meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

  • Meningkatkan Ketajaman Berpikir dan Meningkatkan Fungsi Otak

Ketika berpuasa, hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman. Selain itu, puasa bisa memicu peningkatan produksi protein yang diproduksi otak atau BDNF. Protein ini membantu peremajaan dan regenerasi sel induk otak dan meningkatkan fungsi memori dan motor. Menurut Mark Mattson, seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (Amerika Serikat), puasa bahkan dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Layaknya manfaat kemangi untuk kesehatan yang dapat memelihara kesehatan jantung, berpuasa juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung karena dengan berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL (kolesterol baik yang aman untuk tubuh) dan penurunan LDL (kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh). Hal tersebut akan menimbulkan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Menyehatkan Sistem Sistem Pencernaan

Selama kita berpuasa, maka organ-organ pencernaan akan beristirahat. Fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang berkurang yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pemecahan makanan juga terjadi pada tingkat yang stabil, dan pelepasan energi juga mengikuti pola yang bertahap. Puasa bisa memberikan penyembuhan untuk penyakit-penyakit ini. Saat kita berpuasa, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Jadi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinannya untuk terjangkit suatu penyakit.

  • Mempercantik Kulit Wajah

Percaya atau tidak, selain dengan cara mengobati jerawat secara alami, ternyata mempercantik kulit wajah dapat dilakukan dengan berpuasa. Organ-organ tubuh akan beristirahat selama berpuasa, yang menunda proses penuaan. Kulit wajah pun akan tampak lebih awet muda. Jiwa yang lebih tenang saat berpuasa, juga akan membantu menenangkan perasaan serta mengurangi stress. Kemampuan untuk menahan diri supaya lebih sabar, akan terpancar pada wajah yang terlihat lebih segar dan bercahaya.

Baca juga:

  • Membuat Ginjal Menjadi Sehat

Ginjal memiliki kegunaan untuk menyaring zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Jika ginjal di istirahatkan dengan berpuasa, maka ginjal akan berfungsi secara maksimal dan mengakibatkan dampak baik bagi kesehatan ginjal.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat dikontrol yang tentu pada akhirnya bisa mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

  • Membuat Anda lebih bahagia

Anda bisa jadi berpuasa karena kewajiban secara agama, tetapi tradisi sosial yang terjadi selama puasa dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi Anda berkumpul dan sahur atau berbuka puasa bersama dengan keluarga serta kerabat. Menurut seorang psikologis Susan Jones, terlibat dalam kegiatan dan tradisi selama berpuasa dapat membantu keluarga dan kerabat menjadi lebih dekat satu sama lain. Ini dapat membantu mereka yang menderita kondisi khusus seperti depresi menjadi terbantu.

  • Memperbaiki Kondisi Mental

Seorang peneliti di Moskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna karena tubuh akan menghasilkan kadar hormon endorfin yang lebih tinggi dari biasanya. Hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia secara mental.

  • Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

Penelitian dari American College of Cardiology di New Orleans, menunjukkan bahwa puasa memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH), 1300 persen pada wanita, dan kenaikan 2000 persen pada pria. Mengapa ini penting? HGH membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Hormon ini juga membuat panjang umur dan mengatur metabolisme.

  • Memperbaiki Hormon Testoteron dan Performa Seksual

Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual akan kembali seperti biasanya.

  • Pengaruh Pada Hormon Wanita

Pada penelitian hormon wanita tidak terjadi gangguan pada hormon virgisteron saat melaksanakan puasa. Tetapi 80% populasi penelitian menunjukkan penurunan hormon prolaktin. Penelitian ini menunjukkan harapan baru bagi penderita infertilitas atau kemandulan wanita yang disebabkan peningkatan hormon prolaktin. Sehingga saat puasa, wanita tetap berpeluang besar untuk tetap pada kondisi subur.

  • Mengatasi Masalah Peradangan Persendian

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu penyembuhan penyakit peradangan dan alergi. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri. Contoh dari penyakit peradangan adalah seperti rematik atau rheumatoid arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli juga menyatakan bahwa puasa bisa meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa. 

  • Bermanfaat Dalam Pembentukan Sperma

Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.

  • Meningkatkan Konsentrasi Urin Serta Meningkatkan Kekuatan Osmosis Urin

Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan kelebihan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

  • Memperbaiki dan Merestorasi Fungsi dan Kinerja Sel

Saat puasa, terjadi format ulang atau perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dalam makanan sebelum didistribusikan ke tubuh. Hal ini memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.

Bagaimana Tata Cara Berpuasa Yang Baik Untuk Mendapatkan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan?

Untuk mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan secara lengkap seperti di uraikan di atas, anda dianjurkan untuk menjalankan puasa yang sehat, yaitu berpuasa yang baik dan benar sesuai aturan yang telah ditetapkan. Jika kita berpuasa tanpa memperhatikan ketentuan ketentuan berpuasa maka bukan manfaat yang akan kita petik, namun madarat atau kerugianlah yang akan kita tuai.

Secara garis besar, berikut ini merupakan tata cara berpuasa yang sehat :

  • Niat

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Awali puasa kita dengan berniat untuk berpuasa baik dalam ucapan maupun perbuatannya agar puasa kita dapat diterima oleh Allah SWT. Berniatlah malam hari atau sebelum waktu fajar tiba.

  • Makan Sahur

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Selain merupakan Sunnah Rasul dan salah satu cara menjaga stamina saat berpuasa, makan sahur juga dapat menjaga kestabilan ketahanan tubuh saat berpuasa dan akan mendatangkan kebarakahan ketika berpuasa. Para ahli gizi menyatakan bahwa ketika sahur kita harus memperhatikan protein, vitamin dan nutrisi dari makanan agar pada saat berpuasa energi untuk menjalankan aktivitas bisa terpenuhi. Pernyataan ini mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu. Jika tidak makan sahur maka dalam berpuasa akan merasa lemah , letih dan lesu bahkan tidak terkontrolnya hawa nafsu dan emosional. Dalam ilmu psikologi, apabila seseorang tidak makan pagi atau minum maka tingkat konsentrasi otak akan menurun dan menyebabkan telat dalam berpikir. Selain itu, organ tubuh yang lain pun akan terganggu. Makan sahur dianjurkan untuk diakhirkan, yaitu menjelang masuk imsak (15 menit sebelum waktu subuh).

  • Menyegerakan Berbuka Jika Sudah Masuk Waktunya

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa dilakukan dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Dan pada saat adzan magrib berkumandang, kita harus segera berbuka dengan berdoa terlebih dahulu. Dalam islam, dianjurkan berbuka dengan yang manis manis, seperti dalam Sunah Rasul agar berbuka dengan kurma karena ternyata banyak manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh, jika tidak mendapatkannya maka dengan air putih. Ajaran ini mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya. Dalam berbuka sangat tidak dianjurkan makan atau minum secara berlebihan seperti melampiaskan rasa lapar dan haus. Karena ketika kita berlebihan dalam berbuka maka akan membahayakan kesehatan kita sendiri.

Beberapa hal diatas hanya merupakan tata cara berpuasa secara garis besar. Untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi dengan Ustadz untuk mengetahui tata cara  berpuasa sesuia syariat islam.

Demikianlah pemaparan mengenai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: http://jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *