Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Ya, lidah buaya merupakan tumbuhan yang “lebih” dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman yang baik untuk menutrisi rambut. Namun tahukan anda jika terdapat manfaat lidah buaya sebagai obat maag? Ternyata tidak banyak yang tahu bahwa manfaat lidah buaya sebagai obat maag telah terbukti ampuh secara klinis.

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Sebelum dilanjutkan, kami ucapkan selamat datang di website http://jellygamatwalatra.com/. Websitenya seputar kesehatan yang didalamnya menjelaskan berbagai macam informasi tentang dunia kesehatan secara lebih jelas. Dan pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Sekilas Tentang Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera (Latin: Aloe Barbadensis Milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat luar biasa dari Lidah Buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM, dan menyebutnya sebagai tanaman keabadian!

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Diantara khasiatnya adalah sebagai penyembuh luka, untuk perawatan kulit, dan penyubur rambut. Seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes juga menggunakan lidah buaya untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Baca juga :

Ciri Ciri Lidah Buaya

Lidah buaya biasa hidup di tempat yang memiliki suhu panas atau biasa di tanam di dalam pot ataupun di pekarang rumah untuk dijadikan tanaman hias. Daun tanaman Aloe Vera berupa pita dengan helaian yang memanjang dan agak runcing. Daunnya berdaging tidak tipis, tak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifaat sukulen (banyak memiliki kandungan air) dan banyak memiliki kandungan getah atau lendir (gel) sebagai bahan baku obat. Panjang daunnya mencapai 15-36 cm, lebar 2-6 cm,berbunga warna kuning kemerahan (jingga). Daun melingkar rapat di sekitar batang bersaf-saf, permukaan daunnya dilapisi oleh lilin. Tanaman lidah buaya tahan pada kekeringan di karenakan didalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air.

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Aloe vera berbatang pendek. Batangnya tak terlihat di karenakan tertutup oleh daun-daun yang rapat dan beberapa terbenam dalam tanah. Aloe vera yang bertangkai panjang juga nampak dari batang melewati celah-celah atau ketiak daun. Batang aloe vera juga bisa di stek untuk memperbanyak tanaman. 

Kandungan Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag ini dikarenakan lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri produk herbal. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat didalamnya sangat banyak. Menurut penelitian, lidah buaya merupakan tanaman dengan vitamin terlengkap, kecuali vatamin D.

Selain itu, kandungan zat-zat layaknya enzim, mineral, aloe emodin, polisakarida, saponin yang berperan sbg anti mikroba dan 20 dari 22 type asam amino serta komponen lain amat berguna untuk kesehatan. Lidah buaya juga mengandung karbohidrat, lemak, hormon, dan zat golongan obat seperti antibiotik, antiinflamasi, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, serta antiaterosklerosis. Oleh karena itu, lidah buaya dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang mampu menembuhkan maag.

Sebelum dilanjutkan membahas Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag, kita ulas apa itu maag terlebih dahulu.

Pengertian Maag

Maag adalah kasus yang cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Akan tetapi, banyak orang masih belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag. Maag hanyalah istilah yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan (indigestion).

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Misalnya keluhan sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Maka, maag sendiri sebenarnya bukan penyakit, melainkan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu.

Apa Saja Gejala Maag?

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Salah satu penyebab maag adalah penyakit asam lambung. Penyakit ini terjadi saat isi lambung, termasuk asam lambung, naik menuju kerongkongan sehingga Anda merasa mual, muntah, dan nyeri dada.  Penyakit lain yang mungkin menimbulkan maag antara lain tukak lambung (peradangan lambung, usus, atau kerongkongan), dan infeksi perut.

Baca juga :

Beberapa hal yang bisa memicu maag atau penyakit yang menyebabkan maag.

  • Pola makan tidak teratur
  • Sering mengonsumsi makanan pedas atau yang kadar lemaknya tinggi seperti gorengan
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok atau kebanyakan minum minuman beralkohol

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu seperti antibiotik, aspirin, steroid, dan pil KB
  • Stres atau kelelahan
  • Dll

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Lidah buaya merupakan tanaman sukulen di mana daun hijau tebal berisikan gel bening. Gel dan lapisan daun lidah buaya ini selain untuk mengatasi rambut rontok, mengobati infeksi saluran kemih dan mengobati jerawat secara alami, juga dapat mengobati asam lambung, sembelit dan segudang gejala medis lainnya.

Journal of the American Osteopathic Society melaporkan bahwa efektivitas lidah buaya sebagai penyembuhan tukak lambung disebabkan karena kemampuannya untuk merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan. Kandungan yang terdapat didalam lidah buaya mampu mengurangi dan mencegah peradangan pada lambung tanpa efek samping. Jika jus lidah buaya di konsumsi secara cukup maka akan mendetoks tubuh dari berbagai racun yang terdapat dalam tubuh.

Selain itu, berbagai kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada lidah buaya dapat menurunkan tingkat stress dan ketegangan pada lambung sehingga resiko terserang maag akan lebih kecil.

Cara Mengolah Lidah Buaya Sebagai Obat Maag Yang Aman dan Tepat

*)Dijadikan Jus

Jus lidah buaya memiliki efek antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan. Juga bisa mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain. Cara membuatnya adalah:

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

  • Ambil beberapa tangkai lidah buaya
  • Kupas kulitnya untuk diambil dagingnya
  • Cuci daging lidah buaya
  • Potong-potong agar mudah dihaluskan
  • Masukkan kedalam blender, anda bisa menambahkan gula / madu secukupnya kemudian haluskan
  • Konsumsi jus lidah buaya 1/4 gelas 30 menit sebelum makan

Baca juga :

*)Mengkonsumsi Langsung Daging Lidah Buaya, caranya:

Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

  • Siapkan lidah buaya, kupas dan bersihkan dari lendirnya.
  • Selanjutnya potong-potong daging lidah buaya
  • Siapkan juga 2 sendok makan madu murni.
  • Siapkan wadah yang steril, lalu masukan potongan lidah buaya dan beri campuran 2 sendok makan madu.
  • Kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali, dipagi dan sore hari sampai sembuh.

Wanita yang sedang hamil, menstruasi, minum pil KB dan menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi lidah buaya. Jus lidah buaya juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan deplesi elektrolit.

Tips Memilih Lidah Buaya Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Ciri-ciri Lidah Buaya yang bagus dan khasiatnya masih utuh, dapat dilihat dari bentuk fisiknya, antara lain:

  • Warna hijau tua
    Seringkali ditemukan lidah buaya dengan warna hijau muda atau bahkan agak kuning. Lidah buaya dengan warna hijau muda itu masih belum cukup umur untuk diambil manfaatnya. Sedangkan lidah buaya yang berwarna kuning itu pertanda sudah terlalu tua untuk dipetik. Yang bagus itu warnanya hijau tua.
  • Panjang lebih dari 50 CM
    Terutama untuk tujuan konsumsi, kita harus memilih lidah buaya dengan kualitas unggul. Lidah buaya dengan bibit unggul dapat tumbuh hingga 1 meter, hal ini menunjukan perkembangan lidah buaya tidak terhambat. Tentu khasiatnya juga akan tetap terjaga.
  • Aroma tidak terlalu menyengat
    Untuk kebutuhan konsumsi lidah buaya yang beraroma tidak terlalu menyengat dianggap lebih ramah di lidah ketimbang yang beraroma pekat.
  • Berat 8 ons perbatang
    Terkadang ada bentuk lidah buaya yang memiliki tinggi diatas rata-rata namun ternyata beratnya terbilang ringan, hal ini dapat mengurangi jumlah mineral yang terkandung di dalamnya hal itu terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang menjadi kebutuhan utama semua tanaman termasuk lidah buaya itu sendiri. Sehingga khasiatnya juga akan berkurang.
  • Rasa tidak terlalu pahit
    Untuk pemanfaatan makanan maupun obat, misalnya untuk mengobati maag, rasa Lidah Buaya pada dasarnya memang pahit namun jika terlalu pahit sebaiknya hindari saja. Pelajari cara mengkonsumsi lidah buaya di atas.

Demikianlah pemaparan singkat mengenai manfaat lidah buaya sebagai obat maag. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: http://jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *