Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Belut merupakan hewan yang biasa hidup di daerah air yang berlumpur. Sebagian orang ada yang sangat takut dengan bentuk belut yang mirip dengan ular. Terkadang seseorang merasa geli melihatnya apalagi jika sampai memegangnya. Namun tahukah Anda jika kandungan dan manfaat belut untuk kesehatan ini ternyata patut diperhitungkan? Penasaran? Untuk lebih jelasnya berikut informasi yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Sebelum dilanjutkan, saya ucapkan selamat datang di website http://jellygamatwalatra.com/. Websitenya seputar kesehatan yang didalamnya menjelaskan berbagai macam informasi tentang dunia kesehatan secara lebih jelas. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Ciri Fisik Belut

Menurut Wikipedia, belut adalah sekelompok ikan dengan tekstur yang cenderung licin, berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diberikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika). Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan.

Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernapas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik bahkan jenis-jenis yang tinggal di gua bermata buta.

Jenis Belut

Kandungan dan manfaat belut untuk kesehatan. Di Indonesia sendiri, hewan dengan nama latin Monopterus Albus ini ada 2 jenis yang umumnya dikenal, yakni belut sawah dan belut rawa. Belut sawah merupakan jenis belut yang paling familiar di kalangan masyarakat dan termasuk yang banyak dikonsumsi. Sedangkan belut rawa memiliki jumlah yang terbatas dan kurang familiar di kalangan masyarakat. 

Rasa Daging Belut

Untuk soal rasa, belut ini memiliki rasa yang mampu bersaing dengan daging ikan, ayam dan daging sapi. Rasanya enak dan gurih. Jika Anda ingin mengkonsumsi belut yang banyak dagingnya, belut sawah merupakan pilihannya. Semua bagian tubuh belut ini dapat di konsumsi kecuali tulang dan kotorannya.

Baca juga : Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Banyak orang yang bilang bahwa belut yang kini sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang gurih dan mulai diolah menjadi cemilan yang bisa djadikan oleh-oleh ini sangat baik sebagai makanan penambah darah. Apakah benar demikian? Walaupun harga untuk belut ini lumayan mahal di bandingkan dengan ikan biasa, dan belut juga lumayan sulit dicari daripada ikan air tawar dan ikan laut, namun faktanya belut ini sangat kaya akan kandungan yang terdapat didalamnya.

Sebenarnya apa kandungan dan manfaat belut untuk kesehatan yang kepopulerannya untuk di konsumsi ini? Berikut merupakan kandungan gizi yang terdapat pada belut menurut Departemen Kementrian Kesehatan Indonesia dan berbagai sumber lainnya.

  • Energi (Kalori) 303 kkal / 100 gram
  • Protein 18,4 g / 100 gram
  • Lemak 27 g / 100 gram
  • Karbohidrat 0 g
  • Kalsium 20 mg / 100 gram
  • Fosfor 200 mg / 100 gram
  • Zat Besi 20 mg / 100 gram
  • Vitamin A 1.600 SI / 100 gram
  • Vitamin B1 0,1 mg / 100 gram
  • Vitamin C 2 mg / 100 gram
  • Air 58 g / 100 gram
  • Omega 2, 3 dan 6
  • Asam Folat
  • Magnesium
  • Selenium
  • Leusin
  • Arginin

Baca juga : Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Manfaat belut untuk kesehatan diantaranya seperti berikut :

  • Mengobati dan mencegah Anemia Kandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanZat besi pada belut akan membantu membentuk hemoglobin . Ia adalah bagian dari darah merah yang bertugas mengikat oksigen. Produksi hemoglobin yang meningkat ini akan memperlancar arus peredaran darah sehingga mencegah mengobati penderita penyakit anemia.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuhKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanOksigen tadi akan membantu pembentukan energi, istilah ilmiahnya oksidasi. Nah asupan makanan yang masuk tadi harus diproses bersama oksigen agar bisa berubah menjadi energi.
    Semakin banyak oksigen maka akan semakin banyak energi yang dihasilkan. Artinya, semakin sehat dan kebal tubuh kita. Manfaat ini serupa dengan salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang sama sama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menghilangkan lemah letih lesuKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanPenderita kekurangan zat besi ditandai dengan lemah letih dan lesu serta malas beraktivitas. Dengan mengkonsumsi belut maka kebutuhan zat besi dalam tubuh akan tercukupi sehingga mencegah dan dapat menghilangkan rasa letih.

Baca juga : Cara Mengatasi Keracunan Makanan Pada Tubuh

  • Menurunkan resiko terkena pembekuan darah di otakKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanKandungan zat besi yang terdapat di dalamnya mampu mencegah terjadinya koagulasi atau pembekuan darah pada pembuluh-pembuluh kapiler di otak.
  • Menurunkan resiko penyempitan pembuluh darahKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanAdanya zat antioksidan seperti vitamin C dan mineral membuat kadar kolesterol dalam darah seimbang. Terutama menekan jumlah kolesterol jahat.
  • Mendukung sistem reproduksiKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanKabar gembira bagi kaum adam dan hawa yang ingin segera memperoleh momongan karena menkonsumsi daging belut ini akan mendukung sistem reproduksi yaitu mampu menyuburkan rahim dan membuat sel-sel sperma sehat serta lincah.
  • Mengaktifkan fungsi-fungsi jaringan syarafKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanKandungan omega 3 dalam daging cukup tinggi sehingga bagus untuk mengaktifkan berbagai fungsi jaringan syaraf. Sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangan otaknya.
  • Membuat tulang menjadi kuat, mencegah Osteoporosis serta menunjang kesehatan gigi dan gusiKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanManfaat ini hampir serupa dengan salah satu manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan yang sama sama baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Nilai kandungan fosfor pada belut dua kali lipat jika dibandingkan fosfor pada telur. Tanpa adanya fosfor, kalsium tidak mampu membentuk massa tulang. Untuk itulah dalam jumlah tertentu fosfor sangat berguna bagi tubuh untuk pembentukan tulang yang kuat. Selain itu tulang akan menjadi keropos dan lemah apabila kekurangan fosfor dan kalsium. Karena itulah fosfor yang terdapat pada belut dapat mencegah Osteoporosis. Selain bagus untuk tulang, fosfor bersama kalsium juga bagus untuk gusi dan gigi.
  • Sangat bagus untuk janin pada ibu hamilKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanSaat mengandung, ibu hamil butuh lebih banyak kalsium dan fosfor untuk janinnya, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka pertumbuhan tulang sang janin akan terganggu.
  • Meningkatkan fungsi enzimKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanVitamin B akan membantu tubuh kita terkait masalah kofaktor enzim, hasilnya metabolisme tubuh juga semain bagus. Vitamin ini juga penting bagi otak, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

Baca juga : Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

  • Menjaga kesehatan mataKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanTernyata belut mengandung vitamin A yang bisa langsung diserap oleh tubuh. Berbeda dengan vitamin A yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang masih berbentuk beta karoten yang perlu diolah lebih lanjut. Dan seperti banyak diketahui, vitamin A berperan cukup banyak bagi tubuh, seperti membantu menjaga kesehatan mata, menjaga sel epitel, menjaga sel reproduksi dan membantu menjaga sel pertumbuhan.
  • Sumber protein yang baikKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanBelut ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa protein sangat baik untuk membantu membangun kembali sel-sel yang rusak. Oleh karena itu belut bermanfaat sebagai sumber protein berlimpah yang aman dikonsumsi semua umur.
  • Membantu perkembangan ototKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanTernyata hewan satu ini juga mengandung leusin yang bagus untuk melakukan perombakan dan pembentukan protein otot. Selain itu, leusin juga dapat membantu mencegah rasa lemas pada otot dan dapat meningkatkan kesehatan otot.
  • Arginin untuk pertumbuhanKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanArginin ini adalah asam amino nonesensial yang mempengaruhi human growth hormone (HGH). HGH inilah yang mampu meningkatkan kesehatan dan mengurangi penumpukan lemak didalam tubuh serta menghambat sel kanker payudara.

Baca juga : Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya

  • Menambah StaminaKandungan dan Manfaat Belut Untuk KesehatanBelut memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sebesar 303 kkal /100 gram daging, lebih tinggi dibanding telur yang hanya sebesar 162 kkal/ 100 gram tanpa kulit,kandungan kalori belut juga lebih besar dari daging sapi yang hanya sebesar 207 kkal/100 gram. Dari fakta ini menunjukkan bahwa belut dapat menjadi makanan penambah stamina yang cukup baik.

Efek Samping Daging Belut

Dibalik kandungan dan manfaat belut untuk kesehatan tersebut, belut juga memiliki efek samping. Bagi anda yang mengidap kolesterol, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi belut. Bukan tanpa alasan pelarangan terhadap penderita kolesterol, karena pada belut terdapat kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat berbahaya bagi mereka jika dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Pengolahan Daging Belut yang Sehat

Jika ingin mengkonsumsi belut namun takut akan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, disarankan dapat mengkonsumsi belut dengan cara di panggang. Komposisi asam lemak dan kolesterol yang diolah dengan cara di panggang, memiliki resiko yang kecil dikarenakan proses pembakaran daging belut. Sehingga lemak yang terkandung pada belut akan mencair dan membuat berkurangnya kadar lemak tersebut.

Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan

Berbeda dengan pengolahan belut dengan cara di goreng, belut yang digoreng menggunakan minyak, justru membuat minyak yang ada pada belut bertambah. Karena kadar lemaknya yang tidak mencair secara sempurna di dalam belut maka akan beresiko bagi kesehatan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Kandungan dan Manfaat Belut Untuk Kesehatan. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang manfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: http://jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *