Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Cara menjaga stamina saat berpuasa sangatlah penting untuk diketahui, karena puasa sendiri adalah menahan diri dari makan, minum dan seluruh perbuatan-perbuatan lain yang dapat membatalkan puasa, dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan kurang lebih sekitar 14 jam pada siang hari, sedangkan waktu tersebut adalah waktu dimana tubuh melakukan berbagai kegiatan yang cukup menguras tenaga. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri untuk kita.

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Sebelum dilanjutkan, kami ucapkan selamat datang di website http://jellygamatwalatra.com/. Websitenya seputar kesehatan yang didalamnya menjelaskan berbagai macam informasi tentang dunia kesehatan secara lebih jelas. Dan pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Cara berpuasa yang sehat bisa mempengaruhi stamina dan kebugaran fisik selama berpuasa. Selain itu, pola makan dan pola tidur juga harus diperhatikan dengan baik agar selama menjalankan ibadah puasa, badan tetap merasa sehat dan bugar.

Hal yang sangat disayangkan adalah, banyak dari kita yang mengabaikan aspek kesehatan pada tubuhnya sehingga tidak sedikit yang merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas saat berpuasa. Tentu hal ini tidak baik, terutama bagi mereka yang aktif bekerja pada saat puasa, bisa saja sampai diragukan kinerjanya dan dipertanyakan kesemangatannya dalam bekerja.

Oleh karena itu, mengetahui cara menjaga stamina saat berpuasa agar tetap terjaga ini sangat penting agar kita dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan secara lancar tanpa hambatan.

Walaupun tidak menerima asupan nutrisi selama 14 jam, bukan berarti tubuh akan menjadi tidak sehat. Agar terhindar dari lesu dan lemas saat puasa, Anda bisa melakukan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuh tetap sehat dan bugar

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

  • Niat Ikhlas

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Tanpa ini, mungkin Anda masih tetap bisa mendapatkan manfaatnya puasa dari sisi kesehatan, sosial, maupun kejiwaan. Tapi untuk urusan pahala, jangan harap anda akan mendapatkannya. Niat yang ikhlas bisa memicu anda untuk konsisten dalam menjalankan ibadah puasa sehingga dalam menjalankannya anda tidak akan banyak mengeluh.

Baca juga: Manfaat puasa bagi kesehatan, Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

  • Mengakhirkan Sahur

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Hikmah mengikuti Sunnah Nabi dengan mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Tubuh akan mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan untuk dirubah menjadi kalori (energi), sehingga badan tidak akan lemas pada siang hari.

  • Cukupi Kebutuhan Gizi Saat Sahur

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Makan sahur adalah hal penting yang yang harus kamu lakukan untuk menambah stamina tubuh agar aktivitas selama berpuasa tetap berjalan baik dan lancar. Sangat disarankan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, singkong, nasi, dan makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin seperti seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Jenis makanan ini sangat bagus untuk pencernaan kita sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk dibagian pencernaan. Makanan berserat mempunyai kecenderungan memberikan efek kenyang pada waktu yang cukup lama. Selain itu, kebutuhan protein dalam tubuh juga harus tetap diperhatikan, dengan begitu, asupan gizi yang dibutuhkan selama berpuasa akan terpenuhi.

  • Menghindari Makanan berminyak

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menjaga stamina tubuh selama berpuasa adalah menghindari makan makanan yang mengandung minyak, baik disaat sahur ataupun berbuka. Minyak yang masuk ke dalam tubuh akan menghambat peredaran sel darah merah sehingga aliran oksigen terganggu. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan tubuh lebih mudah dan mengantuk saat puasa.

  • Cukupi Kebutuhan Kalsium dengan Minum Susu

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Minum susu ini penting karena gizi yang terkandung di dalamnya cukup penting. Dengan rutin minum susu saat berbuka puasa atau sahur, maka tubuh akan lebih sehat.  Dengan demikian, tubuh juga akan bugar selama Anda menjalankan puasa.

  • Perhatikan Kebutuhan Cairan

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Ketika Anda berpuasa, tubuh rentan dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi lemas karena aliran oksigen berjalan tidak lancar di dalam tubuh. Untuk itu, hindari  dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Caranya dengan minum air mineral sesuai kebutuhan, setidaknya sebanyak dua liter setiap harinya di antara  berbuka puasa dan waktu sahur.

  • Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

Jika Anda memiliki kebiasaan untuk langsung tidur sehabis makan sahur, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kebiasaan seperti ini akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Sebab setelah menyantap makanan sahur, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Nah, jika Anda langsung tidur sehabis makan sahur, makanan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan sensasi rasa mual, kembung, mulas dan ingin muntah. Artinya, metabolisme dalam tubuh akan terganggu dan ini akan berdampak tidak baik selama Anda berpuasa seharian.

  • Tetap Berolahraga

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Menjaga kebugaran saat puasa adalah hal yang penting ketika puasa. Lakukanlah olahraga ringan selama 15-30 menit seperti berjalan kaki, atau bersepeda santai. Baiknya hal itu dilakukan pagi pagi, menjelang berbuka atau malam hari. Nah, dengan berolahraga ringan ini akan bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah.

  • Berbuka Secara Bertahap

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Langsung menyantap makanan berat saat berbuka puasa akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Setelah seharian penuh perut kosong, maka lambung masih belum siap untuk mencerna makanan dalam jumlah banyak. Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu seperti kurma, minuman manis, dan makanan yang mudah dicerna lainnya. Setelah jeda 20 menit sampai 1 jam maka boleh makan makanan berat.

  • Hindari Minum Air Dingin atau Es

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Hindari untuk langsung minum air dingin atau air es karena akan menyebabkan perut kembung. Minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan (sintetis) juga harus dihindari karena pemanis ini tidak mengandung kalori, sehingga akan menambah kelesuan meskipun perut kenyang. Jangan pula mengkonsumsi minuman bersoda, karena dapat berakibat buruk terhadap perut.

  • Atur Pola Tidur

Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukan hanya disebabkan karena tak makan dan minum seharian, tetapi juga karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

  • Dan Lain Lain

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang manfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: http://jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *