Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya

Apakah Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk terlalu lama? Tanpa disadari sebenarnya nyaris setiap orang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang harus dikerjakan dengan duduk. Mulai dari pelajar, mahasiswa, penjahit, operator mesin otomatis di pabrik, pekerja kantoran dan beberapa profesi lain sudah terbiasa duduk sampai berjam-jam. Tidak banyak yang mengetahui Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya sehingga banyak yang menyepelekan kebiasaan ini.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Sebelum dilanjutkan, saya ucapkan selamat datang di website http://jellygamatwalatra.com/. Websitenya seputar kesehatan yang didalamnya menjelaskan berbagai macam informasi tentang dunia kesehatan secara lebih jelas. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Memang duduk terlalu lama tidak mudah dihindari, apalagi jika berurusan dengan masalah kewajiban pekerjaan maupun pendidikan. Bahkan kebiasaan duduk lama sebenarnya juga dialami saat melihat televisi. Hal tersebut tidak asing lagi karena memang saat ini kita hidup di dunia di mana mesin modern tampaknya melakukan banyak pekerjaan untuk kita, sehingga sangat mengurangi kebutuhan kerja manual. Sofa atau kursi yang lembut memang dapat membuat kita merasa dimanjakan olehnya. Namun itu bukan berarti kita bisa duduk berlama-lama. 

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya Sebagai Obat Maag

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Banyak orang yang tidak berpikir mengenai resiko akibat duduk terlalu lama. Namun beberapa peneliti dan pemerhati kesehatan sudah lama memberikan peringatan mengenai hal ini. Hal ini dikarenakan masalah duduk yang terlalu lama memang menjadi perhatian khusus. Dampak dari duduk terlalu lama berhubungan dengan sistem metabolisme. Bahkan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko penyakit berat tertentu dan masalah kesehatan jangka panjang.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Berikut merupakan berbagai bahaya yang menanti jika duduk terlalu lama. Semoga bisa membuat kita sadar akan pentingnya mejaga kesehatan secara lebih baik lagi. Selamat menyimak.

  • Gangguan fungsi metabolik

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi kerusakan organ dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

  • Kolesterol Tinggi

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Duduk dalam waktu lama memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol dan pada saat yang sama penurunan sensitivitas insulin.

  • Meningkatkan risiko diabetes

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Ketika kita duduk terlalu lama, maka sistem kerja pankreas akan menurun. Pankreas akan menghasilkan lebih sedikit insulin dari jumlah yang seharusnya. Bahkan ketika kita sudah duduk lama lebih dari 1 jam saja maka produksi insulin sudah berkurang banyak. Ketika pankreas tidak bisa memproduksi insulin maka tubuh kekurangan insulin dan akibatnya ada banyak gula di tubuh. Jika hal ini terjadi terus menerus maka risikonya adalah penyakit diabetes.

Baca juga : Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Penyakit Jantung

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Penyebab dari kemungkinan ini adalah ketika duduk lama, maka tubuh akan menjalankan metabolisme lambat. Darah yang mengalir dalam tubuh berjalan lebih lambat sehingga menyebabkan otot tidak bisa membakar kalori seperti lemak. Akibatnya maka ada banyak lemak yang menumpuk otot dan pembuluh darah. Resiko panjangnya adalah lemak akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan gangguan jantung.

  • Resiko Tinggi Kanker

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan resiko penyakit kanker payudara, kanker rahim dan kanker usus besar. Resiko kanker ini menjadi lebih tinggi karena tubuh kurang aktif sehingga menurunkan potensi zat antioksidan dalam tubuh, produksi insulin yang lebih lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat namun ternyata justru sel yang tidak normal pemicu kanker.

  • Komplikasi Pencernaan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Tekanan inilah yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Sistem pencernaan yang terlalu lambat maka bisa menyebabkan organ pencernaan tidak bekerja dengan baik. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut kembung, kram, sembelit, mulas dan buang gas berlebihan. Semua masalah ini sebenarnya dipicu karena pencernaan tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan pekerjaan mikroba dalam pencernaan juga bermasalah.

  • Penurunan Fungsi Otak

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak duduk akan membuat otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang lebih cukup seperti ketika tubuh aktif. Otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup berkualitas untuk bisa melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk tubuh. Jika terlalu banyak duduk maka bisa menyebabkan otak tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga fungsinya akan lebih cepat menurun.

Baca juga : Manfaat Kemangi Untuk Kesehatan

  • Kehidupan sosial membosankan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Bahaya duduk di tempat kerja bisa menjadi penyebab interaksi yang memprihatinkan dan ini tak baik untuk psikologis. Jika kita duduk sepanjang hari bisa membuat merasa sedih atau bosan, semakin lama duduk maka ada kemungkinan mengalami gejala depresi.

  • Gangguan Postur Tubuh

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Duduk berlebihan akan meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan postur tubuh. Gangguan ini memang tidak muncul dalam waktu dekat tapi setelah bertahun-tahun melakukan aktifitas dengan duduk maka gangguan akan mulai terasa. Beberapa jenis gangguan yang paling sering terjadi adalah :

  1. Sakit berlebihan pada leher dan bahu yang disebabkan karena memakai komputer berlebihan. Leher dan bahu menjadi sangat tegang ketika Anda mengetik atau akfititas lain dengan komputer.
  2. Perubahan postur tulang belakang yang disebabkan karena tulang belakang menjadi penopang badan ketika Anda duduk. Tekanan yang terus menerus akan membuat tulang belakang menerima beban lebih dari kemampuannya.
  3. Gangguan sendi belakang yang disebabkan karena sendi bagian belakang tubuh Anda tidak bergerak secara leluasa. Posisi yang sama secara terus menerus akan menyebabkan sendi pada panggul tidak bergerak dengan baik akibatnya maka sendi mengalami gangguan fungsi dan sifat fleksibelnya akan terus menurun.
  • Penyakit Pembekuan Darah

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Duduk terlalu lama akan menyebabkan bagian pembuluh darah di kaki tidak beraktifitas dengan baik. Hal ini juga bisa menyebabkan pergelangan kaki menjadi bengkak dan munculnya varises di sekitar bagian kaki. Bahkan dalam jangka panjang semua masalah ini bisa menjadi lebih parah karena menyebabkan pembekuan darah dan berhubungan dengan resiko penyakit jantung atau efek langsungnya adalah anda sering kesemutan.

  • Terjadi Degenerasi Otot

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Berdiri, berjalan, dan menggerakkan ubuh dapat mengencangkan otot, terutama otot perut. Kebalikannya, saat duduk maka otot-otot mengendur dan dapat menyebabkan pelemahan otot.

Baca juga : Cara Menjaga Stamina Saat Berpuasa

  • Kaki yang Kurang Sehat

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Saat duduk terlalu lama, sirkulasi aliran darah di kaki sangat buruk, yang dapat menyebabkan pembengkakan pergelangan kaki, varises, serta penggumpalan darah yang dikenal dengan DVT (deep vein thrombosis). Saat kaki lama tidak digerakkan dapat menyebabkan tulang merapuh bahkan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu juga dapat menyebabkan kaki mati rasa, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah neuropati, yaitu gangguan syaraf pada kaki sehingga fungsinya berkurang.

  • Menyebabkan Obesitas

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Oleh karena kadar trigliserida di dalam tubuh tidak banyak terkonversi menjadi energi dan malahan meningkatkan kadar kolesterol, duduk terlalu lama dapat berdampak obesitas atau kelebihan berat badan. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa orang yang mengalami obesitas memang duduk lebih lama sekitar 2,5 jam dibandingkan orang yang berat badannya normal.

  • Jadi sering mengantuk

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Penyebab orang mengantuk itu memang banyak. Namun, ada hal-hal yang membuat kita sangat mudah mengantuk padahal sudah tidur cukup, biasanya karena peredaran darah tidak lancar. Dan hal itu bisa disebabkan karena terlalu lama duduk.

  • Mati muda

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Risiko yang terjadi adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Baca juga : Cara Mengatasi Keracunan Makanan Pada Tubuh

Solusi Menjaga Kesehatan Meskipun Duduk Terlalu Lama

Berikut merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan meskipun pekerjaan mengharuskan duduk untuk waktu yang lama

  • Jadwalkan Waktu Untuk Bergerak

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Untuk setiap satu jam duduk dan bekerja, luangkan waktu lima hingga sepuluh menit untuk berhenti, entah untuk berdiri dan berjalan-jalan maupun meregangkan tubuh.

  • Pemanasan Ringan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Hanya dengan bangun dari kursi, kita dapat membantu tubuh untuk memutus siklus otot yang tegang. “Kami merekomendasikan untuk mengambil banyak istirahat kecil untuk mengendurkan otot dan mengurangi stres,” kata Erik Peper, seorang dosen di Institute for Holistic Health Studies di San Francisco State University. Naikkan dan jatuhkan bahu untuk beberapa detik setiap beberapa menit untuk menenangkan otot yang tegang.

  • Gunakan Waktu Setelah Makan Siang Dengan Baik

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Selesai makan siang, jika ada waktu, jangan langsung kembali ke meja dulu. Selain berguna untuk menyelipkan sedikit aktivitas fisik, jalan-jalan mengelilingi area sekitar kantor selama beberapa menit juga dapat membantu proses pencernaan dan meringankan tekanan.

  • Meregangkan Punggung

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Bangkitlah dari kursi dan regangkan tubuh setiap 30-60 menit. Duduk untuk waktu yang lama dapat memberikan tekanan pada cakram tulang belakang dan melemahkan otot-otot yang mendukung punggung Anda. “Berjalan selama beberapa detik dan meregangkan punggung ke depan cukup untuk mengimbangi efek negatif dari duduk,” sahut Donald R. Murphy, seorang asisten dosen klinis di Alpert Medical School of Brown University.

  • Minumlah Lebih Banyak Air

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan anda untuk sering pergi ke toilet.

  • Berdiri dan Berjalan Setiap 30 Menit

Baca juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Pastikan untuk berdiri secara teratur untuk melakukan peregangan, setidaknya satu kali setiap 30 menit. Berdirilah dan berjalan di sekitar kantor selama beberapa menit yang akan mempertahankan aliran darah dan memungkinkan otak dan otot berfungsi secara optimal. Jika ada telephone, gunakan kesempatan itu untuk berdiri dan angkat telephone sambil sedikit berjalan-jalan.

  • Duduk Tegak

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Jika memang harus duduk untuk waktu yang lama dalam pekerjaan atau untuk tujuan lainnya, pastikan bahwa posisi duduk tegak dan jangan menyandar maju ke arah keyboard. Kita dapat menggunakan kursi tanpa sandaran jika ingin melatih duduk tegak.

  • Gunakan Tangga

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Jika terdapat fasilitas lift atau tangga berjalan, maka cobalah untuk berjalan dengan tangga dan tidak selalu menggunakan fasilitas yang mudah. Kita bisa mencoba untuk berjalan-jalan agar tubuh membakar banyak kalori dan tulang serta sendi menjadi lebih fleksibel.

  • Gunakan Kursi yang Fleksibel

Jika memungkinkan, gunakan kursi yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

  • Memilih dan Mengatur Kursi Dengan Ketinggian Seimbang

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Jika harus bekerja sambil duduk maka cobalah untuk memilih meja dan kursi dengan ketinggian yang seimbang dan sering merubah posisi sehingga membuat kita memiliki gerakan yang berbeda setiap bekerja.

  • Hampiri Rekan Kerja

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Jika ada hal yang perlu dibicarakan dengan rekan, jangan gunakan email atau pesan singkat. Langsung saja hampiri agar tubuh melakukan gerakan. Setidaknya tubuh tidak akan terlalu diam.

Baca juga : Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

  • Luangkan Waktu Dari Seminggu Untuk Berolahraga Pada Hari Libur

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Dengan dampak yang mengerikan dari terlalu lama duduk, sebaiknya jangan merasa lelah meluangkan waktu untuk berolahraga. Karena dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih segar dan suplai oksigen untuk darah dan otak akan terpenuhi. Melakukan yoga misalnya. Yoga dapat sangat membantu dalam mempertahankan fleksibelitas otot dan memungkinkan pikiran untuk tenang dan mengurangi tekanan dari pekerjaanIni membantu darah dan oksigen mengalir dengan lebih bebas di seluruh tubuh, mengurangi risiko penggumpalan darah, dan masalah kesehatan yang berbahaya lainnya.

  • Dll

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang manfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: http://jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *