5 Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah

Selamat datang di jellygamatwalatra.com. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan menyampaikan 5 Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah. Simaklah artikel berikut karena bisa saja Anda atau orang yang Anda sayangi bertanya tanya seputar keluhan kesehatan tersebut. Semoga bermanfaat.

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahApakah Anda sering bertanya, “Mengapa tubuh saya sangat mudah lelah sepanjang waktu?” Jika demikian, dengan membaca artikel ini Anda sudah melakukan langkah tepat untuk menjawabnya. Kami telah merangkum beberapa alasan penyebab tubuh cepat merasa lelah dan apa saja hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda lebih segar lagi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebanyak 15,3% wanita dan 10,1% pria di Amerika Serikat rentan terkena penurunan kesehatan yang diakibatkan oleh kelelahan. Oleh karena itu kelelahan merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi angka kematian di dunia.

Kelelahan dapat menimbulkan berbagai masalah yang serius. Menurut berbagai survey, sekitar 1 dari 25 pengemudi dewasa disetiap kota dilaporkan mengantuk saat mengemudi setiap bulannya. Karena itu sekitar 72.000 tabrakan dan 44.000 kecelakaan terjadi setiap tahunnya diakibatkan oleh pengemudi yang mengantuk karena kelelahan.

Lantas, apa saja yang menjadi alasan penyebab tubuh cepat merasa lelah? Mari kita ulas bersama.

5 Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah

jellygamatwalatra.com telah merangkum berbagai penelitian yang memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan Anda tentang mengapa tubuh Anda mudah merasa begitu lelah, serta langkah apa saja yang dapat Anda lakukan untuk merasa berenergi dan bersemangat kembali.

1. Kurang Tidur

5 Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah – Menurut The American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society, orang yang berusia antara 18 dan 60 tahun membutuhkan 7 jam tidur atau lebih setiap hari untuk meningkatkan kesehatan yang optimal.

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahMemiliki jam tidur yang berada di bawah rekomendasi setiap malamnya tidak hanya berhubungan dengan kelelahan, kinerja yang terganggu, dan risiko kecelakaan yang lebih besar, tetapi juga memiliki dampak kesehatan yang buruk. Diantaranya obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, penyakit jantung, stroke, dan peningkatan risiko kematian.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan jam tidur yang optimal, berikut akan dijelaskan beberapa tips yang membantu Anda untuk mencapai jam tidur yang direkomendasikan.

  • Biasakan untuk tidur cukup dan pertahankan rutinitas tidur yang baik secara konsisten.

Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Misalnya tidur pukul 9 malam dan bangun pukul 4 pagi. Coba usahakan untuk melakukan rutinitas tersebut setiap hari. Selain baik untuk tubuh, ini memungkinkan Anda untuk memiliki waktu untuk berolahraga pagi.

  • Hindari Tidur Siang Yang Berlebihan

Tidur siang memang dianjurkan untuk membantu tubuh menjadi lebih fresh. Namun sebaiknya hindari untuk tidur siang berlebihan. Jika Anda tidur siang lebih dari kadar cukup, maka jumlah tidur dimalam hari akan berkurang, bahkan dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur kembali. Untuk yang memiliki pekerjaan sebaiknya melakukan tidur siang dengan waktu dari mulai 15-60 menit untuk menjaga stamina tetap terjaga.

  • Istirahatkan fikiran Anda sebelum tidur

Berilah waktu untuk otak beristirahat dengan sedikitnya memberi waktu hingga 5–10 menit sebelum tidur. Usahakan untuk menghindari pemakaian gadget sebelum tidur karena efek radiasi yang di timbulkan memiliki efek negatif jangka panjang. Bahkan jika tubuh sering terkena radiasi berlebih, maka selama apapun anda tidur maka kualitas tidur yang Anda miliki akan dirasa tidak cukup.

  • Cobalah untuk mematikan lampu saat tidur

Pastikan kamar tidur Anda sunyi, gelap, dan suhu yang nyaman. Setiap cahaya yang masuk ke kamar Anda dapat mengganggu tidur Anda. Pastikan ruangan Anda gelap dan cahaya yang dipancarkan dari perangkat digital tidak terlihat. Suhu ruangan yang cukup juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Usahakan jangan terlalu dingin dan jangan terlalu hangat.

  • Batasi minuman berkafein saat siang hari dan menghindari rokok sebelum tidur

Cobalah untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein saat siang hari. Efek stimulasi kafein dapat berlangsung selama beberapa jam setelah masuk kedalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah susah tidur. Merokok sebelum tidur dapat menyebabkan tidur terfragmentasi.

Jika Anda telah mempraktekkan semua rekomendasi diatas namun masih susah mendapatkan kualitas tidur yang baik, mungkin ada baiknya untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan sekitar Anda dan diskusikan apakah Anda memiliki masalah medis terkait tidur seperti insomnia, apnea tidur obstruktif, atau sindrom kaki gelisah.

2. Pola Makan yang Buruk

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahUntuk meningkatkan kesehatan dan mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk menghilangkan kelelahan, sangat penting untuk memilih campuran makanan sehat dari lima kelompok makanan, yaitu buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan susu.

Anda dapat mengganti pola dan gaya makan Anda hari ini dengan menerapkan beberapa perubahan kecil seperti berikut :

  • Makan jumlah kalori yang tepat untuk jenis kelamin, usia, berat badan, dan tingkat aktivitas Anda. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat membuat Anda merasa lelah dan lemas.
  • Usahakan agar tubuh mendapat asupan buah dan sayur setiap harinya.
  • Kebutuhan akan biji-bijian yang baik untuk tubuh harus terlengkapi. Contoh biji bijian tersebut seperti gandum utuh termasuk beras merah, oatmeal, tepung jagung, bulgur, dan tepung gandum.
  • Ganti produk susu yang Anda konsmumsi ke produk susu rendah lemak dan bebas lemak untuk membantu membatasi kalori Anda dari lemak jenuh.
  • Variasikan dalam mengkonsumsi protein. Cobalah untuk membatasi mengkonsumsi daging olahan fastfood, dan pilih beberapa makanan laut yang kaya omega-3.
  • Kurangi gula. Meskipun gula dapat memulihkan energi secara cepat, tetapi sifat gula juga mudah membuat Anda merasa lelah kembali. Hindari makanan dan minuman yang memiliki banyak tambahan gula.
  • Jangan pernah melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan Anda kehilangan nutrisi utama dan energi yang Anda butuhkan untuk memulai hari Anda.
  • Makan secara teratur. Pertahankan energi Anda dengan makan tiga kali sehari dan batasi camilan yang tidak sehat.
  • Minumlah air secukupnya. Minum air dapat membantu mencegah dehidrasi , yang menyebabkan kelelahan, pikiran tidak jelas, perubahan suasana hati, terlalu panas, dan sembelit .

3. Tubuh Kurang Bergerak

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahTubuh yang kurang bergerak merupakan salah satu alasan penyebab tubuh cepat merasa lelah. Penelitian oleh University of Georgia (UGA) di Athena menemukan bahwa dibandingkan dengan duduk diam, melakukan kegiatan fisik yang berlangsung setidaknya selama 20 menit dapat membantu meningkatkan energi.

5 Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa Lelah – Penelitian sebelumnya oleh UGA juga menemukan bahwa ketika seseorang yang tidak aktif tidak melakukan aktifitas sama sekali maka akan meningkatkan tingkat kelelahan yang mereka rasakan dibandingkan dengan mereka yang mecoba bergerak. Cobalah untuk tidak terlalu banyak duduk lama karena efek yang di timbulkan sangat berbaya. [Baca juga : Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan dan Solusinya]

Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesegaran tubuh adalah seperti berikut :

  • Guide to Physical Activity from the US Department of Health and Services menyebutkan bahwa semua orang dewasa memerlukan aktivitas olahraga yang menggerakan semua kelompok otot tubuh sedikitnya 48 jam per minggu. Aktivitas tersebut diantaranya lalan cepat, senam aerobik, mengendarai sepeda, bermain tenis, bahkan mendorong mesin pemotong rumput sekalipun.
  • Jika Anda belum memiliki waktu panjang untuk berolahraga, setidaknya mulailah dengan perlahan agar bisa menyempatkan waktu pada pagi hari setelah bangun tidur. Mulailah dengan berjalan cepat 10 menit setiap hari dan minimmalnya mendapatkan 30 menit pada 5 hari per minggunya.

4. Stres yang Berlebihan

Banyak situasi dapat menyebabkan stres. Pekerjaan, masalah keuangan, masalah hubungan, peristiwa besar dalam hidup, dan pergolakan seperti pengangguran merupakan penyebab stres yang belum bisa berakhir.

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahMenurut penelitian, stres memang sedikit dibutuhkan dalam kondisi tertentu untuk memicu otak untuk lebih waspada. Stres membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak bahan kimia “fight-or-flight” yang dirancang untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk keadaan darurat.

Namun stres yang berlarut larut, berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan emosional serta menyebabkan penyakit.

Jika tekanan yang Anda hadapi membuat Anda merasa terlalu letih atau memberikan efek sakit kepala, migrain, atau otot tegang, jangan abaikan gejala ini. Luangkan waktu untuk relaksasi sampai Anda merasa lebih tenang, atau cobalah beberapa tips ini :

  • Identifikasi sumber stres.

Kenalilah apa yang menyebabkan stres sehingga membuat Anda tidak bisa mengendalikan tingkat stres.

  • Hindari mereka dan apa saja yang membuat Anda stres.

Setelah diketahui apa penyebab stres, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari sumber stres tersebut. Jika ada seseorang dalam hidup Anda yang menyebabkan Anda mengalami stres yang signifikan, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan seseorang yang dapat membuat Anda melupakan orang penyebab stres tersebut.

  • Mencoba untuk curhat.

Cobalah untuk sesekali mengkomunikasikan kekhawatiran dan keluhan yang Anda rasakan kepada seseorang. Belajarlah untuk mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran Anda agar tingkat stres Anda tidak dipendam sendirian.

  • Lihatlah suatu kejadian atau situasi dengan sudut pandang berbeda.

Cobalah untuk melihat situasi stres dalam cahaya yang lebih positif. Misalnya, jika Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, coba lihat hal tersebut sebagai peluang untuk memiliki waktu sendiri dan mendengarkan lagu favorit Anda. Lihatlah objek yang lebih besar. Pikirkan tentang apakah situasi yang membuat anda tertekan akan menjadi masalah dalam jangka panjang?

  • Lebih menerima keadaan Anda saat ini.

Terima hal-hal yang sudah ditakdirkan seperti ini. Beberapa sumber stres, seperti penyakit atau kematian orang yang dicintai memang tidak dapat dihindari. Seringkali, cara terbaik untuk mengatasi stres adalah mencoba dan menerima hal-hal sebagaimana adanya.

  • Belajar untuk memaafkan.

Semua manusia sering melakukan kesalahan. Lepaskan amarah, kebencian, dan energi negatif dengan memaafkan diri sendiri, teman, keluarga, dan rekan kerja, dan terus melangkah.

  • Move, move and move

Aktivitas fisik adalah pereda stres terbaik karena dapat meningkatkan hormon endorfin yang baik untuk melepaskan stres. Jika Anda merasa stres meningkat, coba untuk jalan-jalan, bawa peliharaan Anda keluar untuk bermain, atau mainkan musik sambil menari di sekitar ruangan.

5. Kondisi Medis

Alasan Penyebab Tubuh Cepat Merasa LelahJika Anda telah mengubah gaya hidup namun masih mudah merasakan kelelahan, bisa jadi ada kondisi medis tertentu yang mendasarinya.

Beberapa kondisi medis yang paling umum menyebabkan kelelahan meliputi:

  • Anemia
  • Tiroid yang kurang aktif
  • Diabetes
  • Depresi parah
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Infeksi saluran kemih
  • Intoleransi makanan
  • Penyakit jantung
  • Demam kelenjar
  • Kehamilan
  • Defisiensi vitamin dan mineral, dll

Jika Anda khawatir memiliki kondisi medis seperti diatas yang menyebabkan terus menerus mudah merasa lelah, aturlah janji dengan dokter untuk mengkonsultasikan kondisi Anda sesegera mungkin.

Baca juga :

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 5 alasan penyebab tubuh cepat merasa lelah. Semoga penjelasannya bisa dipahami dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembacanya.

diposting oleh: jellygamatwalatra.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *